Ini Dia Tren Warna Tahun 2024, Seperti Apa?

Jakarta, CNBC Indonesia¬†– Para ahli di Pantone Color Institute telah mengeluarkan tren warna pada tahun 2024 mendatang, yakni ‘Peach Fuzz‘ atau warna bulu persik. Badan yang memperkirakan tren warna global ini mengumumkan warna tersebut pada Kamis (7/12/2023).

Menurut penelitian mereka, ‘Peach Fuzz’ adalah warna buah yang ringan yang memunculkan kedamaian dan ketenangan.

“Kita sedang mengalami banyak kekacauan dalam hidup kita, dan kita membutuhkan warna yang dapat memelihara,” kata spesialis warna Pantone, Leatrice Eisman, seperti dikutip¬†CNN International.

“Warnanya hangat dan nyaman. Dan itu sangat menyentuh. Kami merasa bahwa pada saat seperti ini, kebijaksanaan sangatlah penting – untuk menyentuh orang lain dan mengumpulkan mereka di rumah kami.”

Namun, kata Eisman, proses penelitian untuk pemilihan warna bersifat kumulatif, dan tidak cukup hanya melihat generasi terbaru buah persik. Momen pencarian warna ‘Peach Fuzz’ terjadi saat Eisman dan tim Pantone melihat Beyonce dalam balutan warna peach di Met Gala 2016.

“Kami merasa (penampilan Beyonce) adalah sesuatu yang masih hidup hingga saat ini,” katanya. “Jika kami melihatnya pada tahun 2016, dan kami merasa bahwa ini adalah ide berharga yang akan berkembang, kami juga akan memanfaatkan ide tersebut. Kami tidak melupakan apa yang telah kami lihat sebelumnya.”

Momen budaya pop yang menarik juga berkembang. Sejak itu, warna tersebut telah dipakai di karpet merah oleh sejumlah tokoh terkenal di Hollywood.

“Kami menganggap buah persik sebagai warna yang sangat bernostalgia,” kata Eisman. “Lebih sering warna kulit wanita. Namun itu telah diadaptasi dan dikumpulkan ke dalam lemari dan lingkungan pria. Saya pikir itu menunjukkan modernitas warna.”

Warna peach telah menjadi ciri khas peragaan busana Musim Semi-Musim Panas 2024, khususnya di Milan dengan rumah-rumah Italia seperti Gucci, Jil Sander, dan Sportmax memimpin.

Di Oscars Vanity Fair Afterparty pada Maret, penyanyi sekaligus aktris Hilary Duff telah mengenakan gaun Dolce & Gabbana berwarna peach yang terinspirasi dari pakaian dalam. Tak lama kemudian, aktris Uma Thurman menghadiri Women Making History Awards dengan balutan gaun gabardine Prada Fall-Winter 2023 dengan warna yang sama.

Pantone sendiri adalah sebuah badan layanan konsultasi yang memberikan saran kepada perusahaan mengenai warna dalam identitas merek dan pengembangan produk, untuk penerapan dan integrasi warna sebagai aset strategis.

Biasanya Pantone menelusuri peragaan busana kelas atas, tren desain interior, momen budaya pop, dan psikologi manusia untuk menentukan pilihan warna mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*