2 Tahun Perang Rusia-Ukraina, Pasukan Putin di Atas Angin

SHARE  

Prajurit Rusia tiba di latihan umum parade militer Hari Kemenangan dengan latar belakang gedung pencakar langit era Stalin, di Moskow tengah, pada 7 Mei 2023. - Rusia akan merayakan peringatan 78 tahun kemenangan tahun 1945 atas Nazi Jerman pada 9 Mei. (KIRILL KUDRYAVTSEV/AFP via Getty Images) Foto: Prajurit Rusia tiba di latihan umum parade militer Hari Kemenangan dengan latar belakang gedung pencakar langit era Stalin, di Moskow tengah, pada 7 Mei 2023. (AFP via Getty Images/KIRILL KUDRYAVTSEV)

Jakarta, CNBC Indonesia – Invasi Rusia atas Ukraina telah berlangsung selama dua tahun sejak 24 Februari 2022. Awalnya, perlawanan kuat yang dilancarkan oleh angkatan bersenjata Ukraina, serta dukungan besar Barat terhadap Kyiv, meningkatkan harapan bahwa tentara Ukraina yang kalah jumlah dan persenjataan dapat memukul mundur pasukan Rusia.

Namun dua tahun kemudian, harapan akan kemenangan Ukraina tampak makin pudar dan hampa, begitu pula janji negara-negara Barat untuk mendukung Ukraina selama diperlukan.

Rusia punya alasan untuk percaya diri dalam memenangkan perang berkepanjangan ini. Pasalnya bantuan militer Amerika senilai miliaran dolar kepada Ukraina masih belum disetujui dan belum jelas nasibnya.

Baca: AS Lumpuhkan Rusia, Biden Lempar 500 ‘Bom’ ke Arah Putin

Sementara itu, di medan perang di Ukraina, garis depan secara umum tidak bergerak selama berbulan-bulan, kecuali kemajuan yang dicapai pasukan Rusia di bagian timur negara itu belum ini.

Kyiv terus berkukuh bahwa mereka tidak diberikan alat yang tepat untuk melawan Rusia seefektif mungkin, dan terdapat laporan mengenai penurunan semangat di kalangan pasukan garis depan yang menghadapi kekurangan amunisi dan personel. Gesekan politik internal dan penggantian panglima militer Jenderal Valerii Zaluzhnyi juga telah memicu kekhawatiran mengenai strategi militer ke depan.

Rusia jelas tampak bersemangat ketika perang memasuki tahun ketiga, kepercayaan diri mereka didukung oleh kemajuan belum lama ini. Perebutan Avdiivka minggu lalu menjadi kemenangan paling signifikan dalam sembilan bulan, diikuti oleh perolehan teritorial yang lebih kecil minggu ini, dan pembersihan lawan-lawan politik di dalam negeri menjelang pemilihan presiden bulan depan.

Tentu saja, Presiden Rusia Vladimir Putin diperkirakan akan memenangkan pemilu dengan mudah, terutama mengingat sebagian besar kritikus berada di pengasingan, dilarang berpartisipasi dalam politik, dipenjara atau mati.

Baca: Putin Makin Ngeri, Terbangkan Langsung Pesawat Bom Nuklir Rusia

Meskipun nasib perang tidak dapat diprediksi, para analis politik mencatat bahwa Rusia memegang kendali besar atas apa yang terjadi dalam perang tersebut, seperti halnya Barat.

“Tahun ini adalah tahun yang paling sulit bagi Ukraina dibandingkan dengan perang yang pernah terjadi sejauh ini, sebagian karena kekhawatiran atas penggantian Zaluzhnyi dan mundurnya Avdiivka, namun sebagian besar, karena ketidakpastian besar mengenai tingkat bantuan dan bantuan Barat. bantuan,” kata James Nixey, kepala program Rusia dan Eurasia di lembaga pemikir Chatham House, seperti dikutip CNBC International.

“Saya pikir bagi Ukraina, hanya ada sedikit perbedaan antara seorang presiden yang tidak dapat menyalurkan bantuan mematikan dan presiden yang tidak akan memberikan bantuan mematikan. Dan bagi warga Ukraina, hal ini sebenarnya adalah hal yang sama, dan ini merupakan pertanyaan eksistensial. Jadi Putin tidak benar-benar mempertaruhkan segalanya pada [calon presiden dari Partai Republik Donald] Trump karena dia yakin dia bisa menang, apa pun hasil pemilu AS pada bulan November,” kata Nixey.

“Dengan kata lain, Putin merasakan kelemahan, seperti yang sering dia lakukan di masa lalu, dan dia memang benar. Masih harus dilihat apakah kepercayaan dirinya dapat dibenarkan, namun setidaknya dia tahu apa yang dia miliki pada musim panas ini, atau saat ini tahun depan atau bahkan setelahnya, dan Ukraina tidak bisa mengatakan hal yang sama.”

Baca: Putin ‘Pede’ Rusia Menang Telak di Ukraina, Tandanya Mulai Terlihat

Kekuatan Rusia

Pada bulan-bulan awal perang di Ukraina pada musim semi 2022, strategi dan taktik militer Rusia dikritik dan sering kali diejek, terutama ketika pasukan Rusia harus mundur dengan tergesa-gesa di front utara setelah upaya gagal mencapai ibu kota Kyiv.

Saat itu, pasukan Rusia secara luas dipandang tidak memiliki perlengkapan, kurang terlatih, dan tidak terorganisir, namun para analis pertahanan mencatat bahwa militer Rusia telah beradaptasi dan angkatan bersenjata yang lebih terstruktur, terkoordinasi, dan reaktif muncul pada tahun lalu.

Tidak ada yang menertawakan taktik militer Rusia saat ini, karena pasukannya bercokol di posisi pertahanan yang dijaga ketat setelah menggagalkan serangan balasan Ukraina musim panas lalu, atau melancarkan operasi ofensif, terutama di Ukraina timur.

Militer menjadi lebih berani dengan direbutnya Avdiivka di Donetsk setelah berbulan-bulan pertempuran sengit. Putin menyebutnya sebagai “keberhasilan mutlak,” dan menambahkan bahwa hal tersebut “perlu dikembangkan.”

Di sisi lain, saat ini Rusia menempati hampir seperlima wilayah Ukraina dan telah menunjukkan bahwa mereka dapat memobilisasi ratusan ribu orang untuk berperang sesuka hati. Hal ini menunjukkan keunggulan lain yang mereka miliki dibandingkan Ukraina, yang merasa malu atas perlunya memobilisasi lebih banyak warga sipil untuk https://pembangkitkuku.com/berperang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*