Tarik & Setor Tunai Beda Bank Lebih Murah Dengan QRIS

Jakarta, CNBC Indonesia – Bank Indonesia telah resmi meluncurkan layanan QR Code Indonesian Standard (QRIS) untuk transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai atau QRIS Tuntas sejak Agustus 2023. Tarifnya pun pun lebih murah dibanding layanan reguler.

Meski begitu, hingga 1 Desember 2023, Bank Indonesia mencatat, baru 2 bank yang sudah mengimplementasikan QRIS Tuntas, di antaranya Bank Mega dan Bank Sinarmas, dari total peserta yang telah mengikuti uji coba sebanyak 16 Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) dan Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP).

“Ada yang lebih awal, dan ada yang sedikit belakangan itu wajar aja, tapi ke depan akan semakin luas jumlah penyelenggara yang memfasilitasi layanan QRIS Tuntas ini,” ucap Deputi Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran BI Arya Rangga Yogasati saat sosialisasi QRIS Tuntas di Bali, Jumat (8/12/2023).

Baca: Dorong Ekonomi & Keuangan Digital, BI Fokuskan 5 Program

Transaksi tarik tunai, transfer, dan setor tunai ini jauh lebih murah dengan QRIS dibandingkan dengan layanan reguler dari perbankan, meskipun dilakukan berbeda bank di ATM (off us). Misalnya, transaksi itu dilakukan menggunakan Bank Mega oleh nasabah Bank Sinarmas.

Untuk tarik tunai menggunakan QRIS Tuntas di ATM yang berbeda bank, biayanya hanya Rp 6.500 sedangkan dengan metode reguler sebesar Rp 7.500. Untuk tarik tunai di ATM yang sama (on us) tetap nol rupiah. Sementara itu, melalui agen dengan QRIS Tuntas (on us) pun juga Rp 6.500 dari yang metode reguler senilai Rp 10.000-Rp 20.000.

Khusus transfer on us masih tetap nol rupiah. Sedangkan untuk transfer off us kurang dari Rp 100 ribu biayanya menjadi Rp 2.000 dari yang sebesar Rp 6.500, dan untuk transfer off us lebih dari Rp 100 ribu biayanya Rp 2.500 dari yang metode reguler lewat masing-masing PJP Rp 6.500.

Untuk stor tunai, juga tetap nol rupiah khusus transaksi on us, sedangkan untuk transaksi off us atau berbeda bank hanya Rp 5.000 dan melalui agen juga hanya Rp 5.000 dari yang metode reguler berkisar antara Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000.

Baca: BI Fast Bakal Ditambah 3 Fitur Baru, Ini Dia!

Secara umum cara menggunakan fitur QRIS Tuntas ialah pengguna tinggal memindai QRIS menggunakan aplikasi pembayaran secara terinterkoneksi antar PJP Bank dan Lembaga Selain Bank yang dapat memfasilitasi sumber dana baik simpanan bank maupun uang elektronik server-based.

Khusus tarik tunia, jika melalui agen pengguna tinggal menginformasikan nominal dan scan QRIS yang ada di agen. Lalu, memasukkan pin di aplikasi pembayaran, dan ketika sudah sukses agen akan memberikan uang sesuai nominal yang diinformasikan.

Tarik tunai pun juga sama bila melalui ATM. Pengguna tinggal memasukkan nominal dan scan QRIS yang tertera di layar ATM, lalu memasukkan pin dan otomatis uang akan muncul seperti tarik tunai menggunakan kartu debet.

Metode yang sama juga berlaku untuk stor tunai. Baik untuk melalui agen maupun melalui ATM.

Untuk transfer bisa langsung menggunakan ponsel masing-masing pihak yang bertransaksi. Pengirim scan QRIS penerima, lalu memasukkan nominal dan pin di aplikasi transaksi yang digunakan, pengirim memasukkan pin di aplikasi pembayaran, setelah itu penerima akan langsung menerima dananya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*