Zona Kedutaan AS Diserang Roket, Terdengar Ledakan Keras

Jakarta, CNBC Indonesia – Zona Hijau di Bagdad, Irak, yang menampung Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS), menjadi sasaran beberapa roket. Ini terjadi Jumat (8/12/2023) pagi waktu setempat.

Menurut dua sumber keamanan, tidak jelas dari mana roket-roket itu. Termasuk mana saja sasaran dan apakah ada kerusakan.

PILIHAN REDAKSIBiden Sebut Alasan Mengapa Ibu Kota RI Harus Keluar dari JawaRaja Salman Buka Suara soal Serangan Houthi, Bilang Ini ke ASDetik-Detik Pos Militer Israel Meledak DibombardirHukum Israel? Dewan Keamanan PBB Rapat Mendadak Perang Gaza

Dalam video media sosial dari tempat kejadian yang diverifikasi oleh sumber informasi, ledakan keras terdengar di dekat kedutaan, sekitar jam 4 pagi. Sirene yang menyerukan masyarakat untuk “merunduk dan berlindung” diaktifkan.

“Menjauh dari jendela. Berlindung dan tunggu instruksi selanjutnya,” bunyi loudspeaker di area tersebut, dikutip The Star.

Sebuah video terpisah yang diposting di Facebook juga menunjukkan area zona diplomatik Baghdad dengan ledakan terdengar di latar belakang. Tembakan roket itu terjadi ketika para pendukung Palestina di wilayah tersebut berjanji akan melakukan pembalasan terhadap Israel dan sekutu dekatnya, AS, atas perang mematikan di Gaza.

Pasukan AS di pangkalan militer di Irak dan Suriah telah menghadapi lebih dari 70 serangan sejak pertengahan Oktober, yang diklaim dilakukan oleh organisasi payung kelompok bersenjata Muslim Syiah Irak, meskipun misi diplomatik tidak dilakukan. Juru bicara kedutaan tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Sementara belum jelas apakah sistem pertahanan udara kedutaan diaktifkan. Belum ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan terhadap kedutaan AS pada Jumat tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*