Singapura Berencana Gaet Wisatawan RI dari Luar Jakarta

SHARE  

Cakrawala kota terlihat diselimuti kabut di Singapura pada 29 September 2023. (Roslan RAHMAN / AFP) Foto: Cakrawala kota terlihat diselimuti kabut di Singapura pada 29 September 2023. (AFP/ROSLAN RAHMAN)

Jakarta, CNBC Indonesia – Singapura merupakan salah satu negara yang menjadi destinasi liburan bagi warga negara Indonesia. Setiap tahun, tercatat ada jutaan wisatawan dari RI yang berkunjung ke negara pulau tersebut.

Pemerintah Singapura melalui Singapore Tourism Board (STB) pun berencana memikat lebih banyak wisatawan RI, khususnya yang berada di luar Jakarta. Hal ini disampaikan oleh Mohamed Hafez Marican, Area Director STB Indonesia.

Baca: Dubes RI Tawarkan Peluang Investasi Ini ke Pengusaha Portugal

“Pada tahun 2024, fokus kami adalah memperkuat dan menciptakan kemitraan untuk memperkuat kehadiran kami, termasuk di kota-kota di luar Jakarta,” kata Hafez dalam acara Made in Singapore di Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).

“Saya rasa hal inilah yang ingin kami tekankan. Orang Jakarta pasti familiar dengan Singapura, tetapi orang-orang dari luar Jakarta ini lah yang kami targetkan untuk berkunjung ke Singapura,” imbuhnya.

Hafez menyebut setidaknya ada beberapa kota di luar Jakarta yang akan ditargetkan Singapura, seperti Surabaya, Bandung, Makassar, dan Medan.

Selain itu, Hafez pun menyebut kesan warga Singapura pada wisatawan dari Indonesia sangat positif. “Pendeknya, (kami melihat wisatawan RI) sangat positif,” ungkapnya.

Indonesia sendiri adalah salah satu penyumbang wisatawan terbesar di Singapura. Pada 2023, tercatat kunjungan wisata dari Indonesia memimpin lonjakan dengan hampir 2,3 juta pengunjung, diikuti oleh China sebanyak 1.4 jutadan Malaysia dengan 1.1 juta wisatawan.

Baca: RI Gigit Jari, Konser Taylor Swift Bikin Ekonomi Singapura Membara

Industri pariwisata Singapura pada tahun 2023 kedatangan wisatawan mancanegara mencapai total 13.6 juta dan pendapatan pariwisata diperkirakan mencapai antara US$24.5 hingga US$26 miliar.

Pencapaian ini melampaui proyeksi awal STB sebesar 12-14 juta wisatawan dan pendapatan pariwisata sebesar US$18 hingga US$21 milliar yang diproyeksikan sebelumnya pada tahun https://pembangkitkuku.com/tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*